Makanan Jepang Halal? Hokben Jawabannya!

Makanan khas Jepang adalah salah satu makanan kesukaan saya. Walaupun ada kesulitan di awal saat belum terbiasa menggunakan sumpit, tapi hal itu tak mengurungkan niat untuk mencicipi makanan ala negeri sakura. Negara dengan pemandangan Gunung Fuji yang indah itu memang jauh dari Indonesia, namun kini semua makanan khasnya ada disini dan halal lagi!. Tanpa perlu terbang jauh kesana, kita sudah bisa menikmati cita rasa yang spesial disini.


Salah satu konsep makanan yang istimewa adalah bento ala masakan Jepang bernama HokBen yang rasanya bikin ketagihan. Mulai dari tekstur nasinya yang pulen tapi tidak terlalu lembek, nikmat banget dimakan saat sedang hangat-hangatnya. Irisan salad wortel dan lobak dengan rasa yang pas, mayonaisse, dan berbagai pilihan lauk pendamping lainnya yang disajikan menempati ruang tersendiri di hati penggemarnya termasuk saya dan pemilik HokBen.

Beberapa tahun sebelum saya dilahirkan, tepatnya pada tahun 1985, pemilik HokBen membuka gerai pertamanya di daerah Kebon Kacang Jakarta. Pada masa itu, HokBen bernama Hoka-Hoka Bento yang berarti makanan hangat di dalam box. Konsep bento yang menarik ini pun dibawa oleh pemilik HokBen ke Indonesia karena saat itu belum banyak rumah makan yang mengusung makanan Jepang. Kemudian pada tahun-tahun berikutnya, HokBen semakin melebarkan sayap untuk menjangkau konsumen di kota-kota lain. Perlu kita ketahui bahwa semua gerai HokBen itu dimiliki penuh oleh PT Eka Bogainti ya karena tidak membuka sistem franchise

Berbagai terobosan-terobosan baru pun terus diluncurkan untuk meningkatkan kualitas layanan HokBen, seperti layanan pesan antar di nomor call center 1-500-505 yang ditetapkan menjadi kontak resminya mulai tahun 2007. Lalu ada pula inovasi lainnya yaitu HokBen Drive Thru di wilayah-wilayah tertentu, sistem pembayaran cashless, dan aplikasi HokBen yang bisa diunduh di playstore. Nah untuk yang satu ini cukup bikin saya kaget nih, karena tiba-tiba dekat tempat tinggal saya ada HokBen!. Ukuran tempatnya memang lebih kecil dari HokBen yang biasa saya kunjungi pada waktu itu. Ternyata HokBen mempunyai konsep gerai baru, yaitu HokBen Kitchen yang hanya melayani pesanan untuk dibungkus dan pesan antar. Pada saat itu, HokBen Kitchen memang lebih mudah dijangkau karena pandemi Covid 19 membatasi ruang gerak konsumen untuk bisa menikmati makanan di luar rumah.

Tepat di tanggal 14 Juni 2024, HokBen membuka cabang berikutnya di kota hujan Bogor. Berlokasi di tempat yang strategis di Jalan RE. Abdullah No.4, HokBen Gunung Batu hadir semakin dekat untuk menjangkau para penggemar beratnya. Saya pun berkesempatan hadir untuk merayakan pembukaan cabang baru HokBen Gunung Batu bersama teman-teman blogger dari berbagai wilayah di Jabodetabek. Warna hijau yang cerah dan segar pada bangunan luar dan interiornya membuat saya cukup terpukau karena sekarang HokBen punya warna yang berbeda dari biasanya. Saat masuk pun saya bertemu dengan orang-orang yang sedang dalam antrian. Terlebih lagi masih ada promo opening store HokBen Gunung Batu hingga tanggal 27 Juni 2024, wajar sekali kalau antrian pemesanan untuk dibungkus atau makan di tempat cukup panjang. 

Pesan hokben


Lantai 1 disediakan untuk layanan pemesanan, ruang makan outdoor, toilet, dan wastafel. Selesai pesan, saya pun langsung naik menuju lantai 2 untuk duduk dan menikmati makanan di ruangan indoor. Selain itu tersedia juga musholla, wastafel, dan toilet yang bersih, sehingga bikin nyaman dan nggak khawatir kalau ingin berlama-lama menikmati sajian berbagai menu makanan di HokBen. Anak saya juga betah karena tersedia colokan untuk laptop sehingga dia bisa bersantai sambil menonton tayangan kesukaannya. 


HokBen juga bagi-bagi sajadah lho dalam goodie bag yang dibagikan untuk para blogger yang hadir. Tak hanya itu, ada juga kotak bekal, bantal kecil, dan phone holder yang terbuat dari sumpit yang sudah didaur ulang. Masya Allah... Tabarakallah, bukan hanya kebutuhan kita sebagai konsumen saja yang diperhatikan tapi juga kebutuhan lingkungan yang perlu kita rawat bersama-sama.


Mbak Irma Wulansari selaku Marketing and Communication Division Manager menyambut hangat kedatangan kami. Beliau pun menceritakan sejarah HokBen dan berbagai program yang ada. Salah satunya program daur ulang yang bisa kita ikuti kalau memesan HokBen untuk diantar ke rumah atau dibungkus, wadah mika yang sudah dibersihkan bisa dikembalikan ke dropbox yang ada di beberapa gerai HokBen. Wadah mika tersebut nantinya akan didaur ulang untuk kemudian diolah menjadi roster block yang bisa digunakan sebagai tambahan untuk mempercantik ruangan seperti di HokBen Gunung Batu.

roster dauri

Untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang pengelolaan sampah sekali pakai, sejak bulan Maret 2024 HokBen mengkampanyekan program DAURI (Daur Ulang untuk Negeri) sebagai salah satu bentuk kepedulian HokBen dalam menjaga dan merawat bumi. Kita bisa menyetorkan kembali alat-alat makan bekas pakai saat pesan online pada 100 gerai HokBen di seluruh Indonesia. Bekerja sama dengan Rebricks, HokBen mendaur ulang wadah mika menjadi roster block. Roster ini punya motif khusus sesuai dengan community pattern HokBen yaitu nilai nilai yang menjiwai setiap pelayanan di HokBen. 



Nggak hanya itu aja, HokBen juga punya banyak program-program rutin lainnya seperti donor darah, beasiswa sekolah, dan program berbagi lainnya. Promonya HokBen juga banyak banget lho, salah satunya yang satu ini masih berlaku sampai akhir Juli 2024! Langsung ambil promonya, pesan menu kesukaanmu di semua gerai HokBen terdekat.  





Posting Komentar

thank you for stopping by dear, your comment will create happiness :)

Lebih baru Lebih lama