Mengenal Jamu Sidomuncul yang Tersohor ke Seluruh Penjuru Negeri

Jamu menjadi pertolongan pertama untuk orang tua saya. Kala itu saya masih kecil dan menempati rumah sewa yang jauh dari layanan kesehatan. Cukup melangkah ke warung terdekat, orang tua saya sudah bisa menikmati khasiat jamu sidomuncul. Pekerjaan yang melelahkan membuat ayah saya senang mengkonsumsi jamu pegal linu dan este emje.

Penjual jamu gendong pun menjadi langganan saya yang senang sekali minum beras kencur dan air gula jawanya. Saya pun mengingat dengan baik kenangan masa kecil, saat malam hari ayah saya mengajak pergi ke pasar kecil dekat rumah yang memiliki depot jamu sederhana.

Disana saya mengamati ayah saya minum jamu dengan campuran telur ayam kampung yang cangkangnya berwarna putih. Ditambah segelas air jeruk hangat atau mungkin sirup dengan rasa jeruk sebagai penawar rasa pahitnya. Ketika adik saya lahir, ia pun sempat ‘dicekoki’ jamu temulawak oleh seorang nenek-nenek paruh baya setelah memijat adik saya yang masih bayi. Salah satu tujuannya adalah agar adik saya lebih doyan makan.

jamu sidomuncul

Manfaat jamu memang bermacam-macam ya, ada yang berkhasiat sebagai penambah nafsu makan, membantu mengurangi rasa pegal dan kelelahan, juga untuk membantu proses pemulihan selesai melahirkan. Setelah menikah, di masa pandemi COVID-19 pun, jamu kembali menjadi primadona untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Saya termasuk orang yang senang mencoba meracik jamu sendiri, ramuan herbal satu ini disukai suami. Pada saat itu sebelum pandemi, suami saya terserang sakit tenggorokan. Saya pun mengolah jahe, kunyit, sereh, cengkeh, kapulaga, jinten, dan gula merah, dengan tambahan air panas untuk kemudian diseduh lalu diminum. Rasanya enak dan hangat, membantu melegakan tenggorokan yang gatal. Mertua saya pun senang mengkonsumsi susu jahe di pagi hari.

Sido Muncul dari Masa ke Masa

Kecanggihan teknologi yang mengikuti perkembangan zaman mendukung kita yang rutin mengkonsumsi jamu dengan berbagai pilihan manfaat jamu yang siap seduh dari sidomuncul. 

Olahan jamu sidomuncul ini berawal dari racikan jamu masuk angin yang kini terkenal dengan nama Tolak Angin pada tahun 1930, melalui ketekunan Iibu Rakhmat Sulistio di Ambarawa, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Keahlian Ibu Rakhmat (Go Djing Nio) dalam mengolah jamu dan rempah-rempah berkualitas asli Indonesia, membuat beliau dan suaminya membuka usaha jamu di Yogyakarta pada tahun 1935.

Tolak Angin yang siap seduh pun mulai dipasarkan sekitar tahun 1940. Barulah di tahun 1951, perusahaan sederhana dengan nama Sido Muncul yang memiliki arti “Impian yang Terwujud” berdiri di Jalan Mlaten Trenggulun, Semarang. Tahun 1970, perusahaan sederhana ini pun dibentuk menjadi sebuah Perseroan Terbatas dengan nama PT. Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul.

Pada tahun 1997, Sido Muncul membangun pabrik jamu modern dengan luas 30 hektar di Klepu, Kecamatan Bergas, Ungaran, Jawa Tengah. Di tahun 2000 Sido Muncul menerima dua sertifikat yang setara dengan farmasi, yaitu Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik (CPOTB) dan Cara Pembuatan Obat yang Baik (CPOB).

Sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia untuk 274 produk Sido Muncul pun telah diperoleh dalam empat jenis produk, yaitu jamu, suplemen dan bahan suplemen, minuman dan bahan minuman, juga permen. Berbagai penghargaan pun diraih, termasuk pada tahun  2022 dengan Penghargaan Industri Hijau “Level 5” dari Kementerian Perindustrian.

Penghargaan Indonesia’s SDGs Action Awards 2022, sebagai Pemenang Terbaik I, Kategori Pelaku Usaha Besar dari Badan Perencana Pembangunan Nasional. Untuk ketiga kalinya mendapatkan PROPER Emas dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Macam-macam Jamu Sido Muncul

Dukungan sidomuncul dalam menjaga kesehatan memang tidak main-main, terlebih lagi budidaya rempah-rempah untuk membuat jamu semakin gencar dilakukan. Menjaga kesehatan agar semakin prima memang harus menjadi prioritas utama. Macam-macam pilihan jamu sidomuncul siap menjawab berbagai kebutuhan masyarakat dengan berbagai manfaat. Mulai dari jamu serbuk maupun cair, vitamin dan suplemen kesehatan, makanan dan minuman kesehatan seperti madu, ada juga balsem, minyak telon, dan hand sanitizer. Berikut ini beberapa manfaat dari produk-produk Sido Muncul.

Jamu

Salah satu produk unggulannya adalah Sido Muncul Herbal Sari Kunyit dibuat dari ekstrak kunyit yang bermanfaat untuk memelihara kesehatan lambung dan meringankan gangguan lambung, seperti kembung, mual, muntah, dan nyeri.

sidomuncul


Vitamin dan Suplemen Kesehatan

Salah satu produk andalannya adalah multivitamin Sido Muncul Vit C 1000 Plus D3 400 IU + Zinc 50mg (Anggur Muscat) dengan kandungan Vitamin C 1000 Mg ( AKG 1110% ), Vitamin D3 400IU ( AKG 65% ), Zinc Picolinate 50mg ( AKG 76% ), Vitamin E 5.6mg, Vitamin B3 10 Mg, Vitamin B6 5 Mg, Vitamin B12 5 Mcg, dan Madu 100 Mg. Berguna untuk membantu memelihara daya tahan tubuh dan suplementasi multivitamin dan Zinc. 

multivitamin


Makanan dan Minuman Kesehatan

Sido Muncul Minuman Susu Jahe terbuat dari perpaduan susu dengan jahe bakar dengan aroma yang khas. Susu Jahe nikmat diminum di pagi hari atau pada musim hujan karena bermanfaat untuk menghangatkan badan.

susu jahe

Banyak sekali pilihan produk sidomuncul yang bermanfaat untuk kesehatan kita. Rasa dan aromanya yang khas pun membuat kita tak ragu minum jamu yang umumnya terkenal dengan rasa pahit di lidah. Teknologi modern membantu pengemasan berbagai produk sidomuncul sehingga lebih mudah dikonsumsi.

Nah bagi teman-teman yang penasaran ingin menjaga kesehatan dengan mulai minum jamu, langsung saja meluncur ke situs resmi sidomuncul store. Beragam pilihan manfaat dan banyak gratisan produk lainnya tersedia disana. Harganya masih ramah kantong dan sesuai dengan kebutuhan kita mulai dari anak-anak sampai dewasa. Tunggu apalagi? Langsung saja belanja aneka produknya di sidomuncul store.   



Posting Komentar

thank you for stopping by dear, your comment will create happiness :)

Lebih baru Lebih lama